Cara Rebound Di Dalam Permainan Basket

Teknik Dasar Rebound dalam Permainan Bola Basket

Offensive Rebound dalam Basket - Teknik Dasar Bola Basket - Kupas Tuntas  Basketball

Rebound merupakan salah satu istilah dalam bola basket yang sangat penting untuk dikuasai. Karena selain untuk mengambil alih possession, rebound juga berguna untuk menghentikan potensi second chance yang dapat berujung pada penambahan poin untuk lawan.

Melakukan rebound dalam bola basket adalah tugas utama seorang forward yang bekerja keras di point area, biasanya biasanya bertubuh tinggi dan kuat.

Pengertian Rebound

Rebound adalah suatu istilah dalam permainan bola basket  dimana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain.

Berapa poin dari hasil rebound?

Ada dua tipe rebound yaitu, rebound ofensif artinya lemparan yang gagal dalam satu tim diambil oleh teman yang masih satu tim kemudian coba shoot lagi, jika berhasil masuk maka tim kamu dapat dua poin.

Teknik Rebound dalam Bola Basket

Teknik Rebound dalam Bola Basket

Berbeda dengan teknik dasar bola basket lainnya, pada posisi memperebutkan rebound kedua tim memiliki peluang yang sama (50:50) sehingga sering terjadi adu fisik untuk mendapatkannya.

Keunggulan fisik seperti tinggi, kekuatan badan, dan loncatan menjadi kunci utama untuk memenangkan bola rebound. Namun beberapa pemain yang tak memiliki keunggulan fisik ini terlihat masih sering mendapatkan rebound.

Cara melakukan teknik rebound dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Berdiri dengan kedua kaki dengan sikap ingin meloncat ke atas.
  2. Setelah bola memantul dan tidak berhasil masuk. Lakukan loncatan setinggi mungkin dengan tangan ke atas ingin menangkap bola pantulan yang tidak masuk.
  3. Posisi badan ketika di udara lurus, begitu juga dengan posisi tangan ke atas bersiap untuk menangkap bola pantulan.
  4. Pandangan mengarah ke bola, kemudian menangkap bola ketika telah mencapai loncatan tertinggi.
  5. Setelah menangkap bola dan badan mulai turun ke bawah, segera mungkin untuk menarik bola ke depan dada atau perut.
  6. Di saat mendarat dengan kedua kaki harus rileks atau tidak kaku.

 


 

Comments